Indahnya Pantai Dunu


Pantai Dunu merupakan salah satu kekayaan alam dan pesona wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Panorama alamnya cukup mengagumkan. Keanggunan Pantai Dunu sudah dikenal luas oleh masyarakat Gorontalo Utara, serta masyarakat lainnya di luar Kabupaten Gorontalo Utara. Bahkan, tak sedikit warga dari Kabupaten Bolmong Utara (Provinsi Sulawesi Utara) dan warga Kota Gorontalo juga datang untuk menikmati keindahan panorama alam yang natural dengan kelembutan pasir serta percikan ombak kecil yang menyapa penuh karamahan siapapun yang akan mengunjungi Pantai Dunu.

Tak heran, setiap hari libur Pantai Dunu ramai didatangi warga dari berbagai penjuru untuk melepas lelah bersama keluarga ataupun kerabat kantor. Ada yang mandi ada pula yang hanya datang menikmati keindahan pulau-pulau yang terbentang di depan Pantai Dunu. Ditambah, jika matahari mulai beranjak turun, suasana alam di sekitar Pantai Dunu semakin mempesona.
Kendati sudah menjadi alternatif kunjungan wisata di Provinsi Gorontalo, Pantai Dunu belumlah difasilitasi layaknya sebuah tempat wisata. Misalnya saja, ruang ganti, tempat bilas, pelindung buatan serta sarana prasarana pendukung lainnya. Untungnya, ada beberapa warga yang memanfaatkan moment ini untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung yang menikmati air laut dan pasir lembut Pantai Dunu. Bisa dikata, Pantai Dunu belum tersentuh. Hanya bentangan alam saja yang ada dan siap menyambut kedatangan wisatawan lokal.
Pantai Dunu yang memiliki sejuta keindahan ini sudah seharusnya dikembangkan untuk menjadi salah satu icon pariwisata di Gorontalo bagian utara. Jika dikelola dengan baik, tempat wisata yang satu ini bisa memberikan income terhadap pendapatan daerah. Oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, rencana pengembangan Pantai Dunu untuk menjadi tempat wisata masa depan sudah diagendakan pembangunannya di tahun 2011.
Pantai Dunu akan menjadi wisata penunjang tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Gorontalo Utara. Seperti Pantai Minanga di Kecamatan Atinggola, Ota lo Jin di Desa Kotajin Kecamatan Atinggola, Benteng Orange di Desa Dambalo Kwandang, Pulau Lampu, Pulau Saronde dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang memiliki sejuta panorama nan indah.
Akses menuju tempat wisata Pantai Dunu sangatlah terjangkau, hanya berjarak tempuh sekitar 120 menit dari Ibu kota Provinsi Gorontalo. Terletak di Desa Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Dapat ditempuh dengan menggunakan kenderaan roda dua dan roda empat. Bagi yang menggunakan jasa angkutan lokal rute Gorontalo – Kwandang, akan dikenakan bea sebesar Rp.20.000
Potensi wisata Pantai Dunu kedepan pasti akan memberi dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat setempat. Rencana pembangunan kawasan wisata Pantai Dunu ini akan dibangun dengan struktur bangunan modern. Sehingga, kawasan wisata ini bakal menjadi tujuan wisatawan lokal bahkan mancanegara.

PHOTO GALERRY

VIDEO