Air Terjun Meranti

Objek Wisata Pemandian Air Terjun Meranti merupakan salah satu alternatif kunjungan wisata baru yang ada di Provinsi Gorontalo. Suasana objek wisata ini sangatlah alami dengan di kelilingi rindangnya pepohonan yang belum terjamah oleh tangan manusia serta suasana asrinya desa – desa yang akan di lewati ketika kita akan menuju lokasi wisata. Suasana yang teduh serta sejuk dengan udara pegunungan di padu dengan kicauan burung – burung akan menyapa Anda ketika tiba di lokasi wisata. Air Terjun Meranti bak surga yang tersembunyi bagi pencinta Wisata Alam. Berbagai kegiatan dapat di lakukan di lokasi wisata, mulai dari camping, menjelajah alam serta berenang di kolam yang berisi air dari air terjun alami pegunungan.

Wisata Air Terjun Meranti terletak di Desa Meranti Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Berjarak lebih kurang 20 km ke arah utara dari Ibukota Provinsi Gorontalo. Masuk ke wilayah kecamatan Tapa, tepatnya di Lapangan Ippot Tapa, Anda masuk ke gerbang Desa Donggala. Melewati Desa Donggala dan Desa Langge dengan jalan yang berliku – liku serta menanjak.
Untuk menuju lokasi wisata dari ibukota Provinsi Gorontalo sebaiknya menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor. Karena lokasi wisata berada di ketinggian atau puncak meranti. Kenderaan lokal gorontalo ( bentor ), dapat Anda gunakan tapi tidak dapat menampung lebih dari satu orang penumpang.


Kawasan pemandian air terjun meranti dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ditempatkan diareal seluas 7 hektare. Fasilitas yang sudah ada di lokasi objek wisata, seperti empat buah kolam renang kecil dan papan luncur anak – anak, sementara satu kolam renang besar untuk orang dewasa, dan juga wahana watter bomakan direncanakan oleh pengelola akan dipasang pada lokasi wisata ini.
Selain fasilitas – fasilitas di atas, sarana penunjang lainnya seperti toilet, dan juga kamar ganti turut melengkapi kawasan objek wisata. Demikian pula dengan taman bermain, khusus menitipkan anak – anak balita dan tempat beristirahat bagi para pengunjung. Semua di fasilitasi, namun sarana tempat bermain anak – anak ini belumlah terlalu lengkap dan areal tempat bermainnya belumlah luas. Di bagian paling atas terdapat panggung pertunjukkan seni yang bergaya arsitektur tradisional gorontalo.
Lokasi air terjun meranti terdapat di dua titik. Masih berjarak sekitar 400 m dan 1000 m dari lokasi penampungan airnya. Lokasi air terjun ini masih sangat alami. Jika pengunjung ingin ke lokasi air terjun, di sarankan memakai tenaga bantuan masyarakat lokal sebagai penunjuk jalan. Hutan rimba yang belum terjamah oleh tangan manusia, menjelajah alam dengan jalan menanjak serta terjal di kaki gunung atau melewati aliran sungai khas pegunungan yang penuh dengan bebatuan terjal akan membawa Anda menikmati sensasi wisata alam yang benar – benar beda.
Teriakan – teriakan khas hutan rimba serta nyanyian alam akan menemani perjalanan Anda menuju lokasi air terjun. Menjelajah alam ini bisa memakan waktu berjam – jam. Masing – masing air terjun, memiliki ketinggian antara 10 hingga 12 meter. Selain menikmati pemandangan alamnya, Anda akan menyaksikan beberapa aktifitas masyarakat lokal membuat gula merah (pahangga) dengan cara yang sangat tradisional serta beberapa penampungan air sebagai buat budi daya ikan tawar alami.
Hadirnya objek wisata pemandian Meranti, setidaknya juga mulai menggairahkan sektor ekonomi masyarakat sekitar. Ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai tempat jajajan yang menawarkan aneka cemilan tradisional gorontalo, yang oleh pengelola dipersilahkan membuka usaha dikawasan objek wisata. Harga tanda masuk ke lokasi wisata, tarifnya di sesuaikan dengan event – event yang di laksanakan di lokasi ini.
Jumlah pengunjung serta animo masyarakat lokal gorontalo untuk berkunjung ke lokasi wisata sangat membludak, tidak hanya berasal dari sekitar kecamatan Tapa, maupun Bolango, sejumlah pengunjung dari Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo pun sudah mendatangi tempat ini. Diharapkan ke depan wisatawan mancanegara dapat menikmati kesejukan alam Desa Meranti dengan air terjunnya yang sangat alami.

PHOTO GALERRY

VIDEO